Menutup Pintu Sorga

Kebangkitan Kristus

Mati artinya tubuh dan roh berpisah. Tubuh membusuk jadi tanah, arwah kembali kepada pencipta-Nya. Ketika disalib, YESUS KRISTUS benar-benar mati. Itu bukan rakayasa. DIA disalib di hadapan ribuan penonton, baik penduduk Yerusalem maupun penduduk dari luar Yerusalem yang saat itu berkunjung ke Yerusalem. DIA mati, jantung berhenti berdetak, ketika ditikam oleh seorang tentara romawi di rusuk kiri-Nya, yang keluar adalah air, bukan darah. Itu adalah bukti bahwa DIA benar-benar mati.

Kebangkitan Kristus

Namun, YESUS KRISTUS yang telah mati itu bangkit pada hari ke tiga. DIA mula-mula menampakkan diri kepada para wanita. DIA kemudian menampakkan diri kepada murid-murid-Nya yang lain, lalu menampakan diri kepada kedua belas murid-Nya lalu kepada LIMA RATUS lebih orang, lalu menampakkan diri kepada Yakobus, anak Ibu Kristus, terakhir kali DIA menampakan diri kepada Paulus.

1 Korintus 15 : 3-8 : "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya."

KEBANGKITAN KRISTUS adalah tema sentral iman kristen. Jika tidak ada kebangkitan Kristus, maka iman Kristen tidak akan bisa ada sampai sekarang. Tidak akan ada pemberitaan Injil. Tidak akan ada gereja. Mengapa kebangkitan Kristus penting? Salah satu sebabnya adalah karena kematian Kristus adalah kematian untuk mengalahkan kuasa maut dan dosa. Maut telah dikalahkan. Kematian telah dikalahkan. Kuasanya telah dipatahkan.

KEBANGKITAN KRISTUS menandakan bahwa maut tidak berkuasa atas efek dosa lagi. Kebangkitan menandakan adanya harapan baru bagi kesia-siaan hidup dan penderitaan di dunia. Kebangkitan adalah tanda bahwa setiap orang kristen akan menang terhadap kuasa dosa.

IMAN KRISTEN adalah iman yang telah mengalahkan kuasa dosa dan maut. Itulah bedanya kekristenan dengan agama lain. Kekristenan jelas bukan agama isapan jempol belaka. Kekristenan telah mengubah sejarah dunia. Kekristenan menentukan moment penting dalam penanggalan sejarah dan zaman. Semuanya bermula dari iman pada KEBANGKITAN KRISTUS.