Menutup Pintu Sorga

Taman Eden dan Firdaus

Taman Eden dan Firdaus adalah 2 tempat yang berbeda. Eden adalah suatu taman yang berlokasi di bumi. Firdaus adalah suatu tempat yang lokasinya di surga. Kedua tempat ini jangan di anggap sama.

Menurut banyak ahli Alkitab, Eden yang diceritakan dalam Kejadian 2:8-10 terletak di wilayah Asia berdekatan dengan Sungai Efrat, dan tidak jauh dari lokasi yang diduga adalah Babel. Tetapi, ada beberapa kawasan lain yang ditunjukkan sebagai kemungkinan lokasi Taman Eden. Ini termasuk Armenia, negara di dekat Laut Kaspia, kawasan Oxus, Kashmir di India bagian hulu, Srilanka, dan sebagainya.

Banyak upaya telah dilakukan untuk mengidentifikasikan sungai-sungai yang diceritakan dalam Kitab Kejadian. Unsur-unsur penting dari kesarjanaan lebih banyak menunjuk pada bagian atau wilayah di mana Efrat dan Tigris bersatu.

Manusia sudah diusir dari taman Eden dan tidak diperbolehkan kembali kesana. Mereka yang mendapat anugrah Tuhan maka mereka bisa masuk surga dan masuk ke taman Firdaus. Jadi manusia tidak bisa kembali ke taman Eden tapi bisa pergi ke taman Firdaus sesudah meninggal kalau mendapat anugrah Tuhan.

Taman Eden itu dimuka bumi bahkan di jelaskan lokasinya secara eksplisit:

Kejadian 2:10-15
(10)  Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. (11)  Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.(12)  Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.(13)  Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush.(14)  Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.(15)  TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Ini adalah petunjuk geografis yang bisa menjelaskan lokasi Taman Eden di muka bumi ini.

Sedangkan taman Firdaus dalam Alkitab itu muncul cuma di Injil Lukas, Surat Korintus dan Wahyu. Ketiganya mengacu kepada suatu tempat yang ada di Sorga.

Lukas 23:43
(43)  Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

2 Korintus 12:4
(4)  ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.

Wahyu 2:7
(7)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."