Inti Iman Kekristenan

Inti dari iman Kristen sebenarnya cukup sederhana

begitu sederhana sehingga dapat dijelaskan dalam beberapa halaman.
Intinya berasal dari Alki-tab yang berbicara tentang Tuhan dan anakNya, Yesus.
Intinya adalah mengenai hidup dan mati, dan sebuah pilihan yang harus
dibuat oleh semua orang.

Inti Iman Kekristenan

Semuanya bermula dari Tuhan, seorang pencipta yang penuh kasih…

Tuhan adalah penguasa dunia yang penuh kasih.

Dia menciptakan dunia.

Dia menciptakan kita, manusia, untuk menguasai dunia di bawah kuasaNya.

Poin pertama dari iman Kristen adalah bahwa Tuhan berkuasa atas dunia ini. Dialah sang penguasa, sang presiden tertinggi, sang raja. Namun tidak seperti pen-guasa-penguasa manusia, Tuhan selalu melakukan apa yang terbaik bagi rakyatNya. Dia adalah seorang raja yang didambakan setiap orang.

Tuhan menguasai dunia karena Dialah yang mencipta-kan dunia. Layaknya seorang pembuat pot membentuk tanah liat, Tuhan membentuk dunia sebagaimana Dia kehendaki, dengan segala detail yang luar biasa. Dia yang menciptakan, Dialah juga yang memiliki.

Dia juga menciptakan kita, manusia. Tuhan mencipta-kan manusia serupa dengan Dia dan menempatkan mereka untuk berkuasa atas dunia — untuk memeli-hara, menikmati dan bertanggung jawab atas segala keindahan dan kebaikan dunia yang diciptakanNya. Dia menunjuk manusia untuk mengawasi dan menjaga dunia, dan supaya manusia melakukan ini selalu di bawah kuasaNya.

Poin pertama ini digambarkan oleh ilustrasi di atas: Tuhan adalah penguasa (dilambangkan oleh mahkota) dan manusia diciptakan untuk hidup dan berkuasa atas dunia di bawah kuasa Tuhan yang penuh kasih.

Semua ini terdengar ideal — Tuhan di surga, manusia mengua-sai dunia menurut pimpinanNya, dan segala sesuatu berjalan dengan baik di dunia. Namun sekarang jelas sekali bahwa tidak ada yang berjalan baik. Tidak ada yang berjalan baik dalam diri kita, tidak ada yang berjalan baik di dunia.

Alkitab Berkata :

"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu dan oleh karena kehendakMu semuanya itu ada dan diciptakan." Wahyu bab 4, ayat 11

Namun menurutmu, apakah keadaan dunia sekarang berjalan seperti ini?