Jumat Agung Dan Paskah

JUMAT AGUNG dan PASKAH adalah hari istimewa bagi setiap orang percaya. Pada hari Jumat Agung, kita mengingat kasih Allah dinyatakan bagi kita semua karena Ia merelakan anak-Nya yang tunggal, yaitu Tuhan Yesus, yang telah mati di kayu salib untuk menebus dosa kita semua. Sedangkan, Paskah merupakan hari kemenangan yang patut kita rayakan karena Tuhan Yesus sudah bangkit dari kematian, Ia hidup. Allah Bapa sudah merencanakan keselamatan kita umat yang percaya.

Terangkat Ke Sorga

"Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Matius 20:28)

"Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" (Yohanes 11:25-26)

Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus, Sang Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Paskah merupakan perayaan yang terpenting, di mana sebelumnya Tuhan Yesus merayakannya di dalam Perjamuan Malam bersama para murid-Nya.

Masa pra-Paskah adalah masa 40 hari sebelum Paskah (yang tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret 2013), dimulai dari Rabu Abu (13 Februari) hingga memasuki Jumat Agung (29 Maret), yang memperingati kejadian menuju ke penghukuman Yesus di atas kayu salib. Ada 40 hari dalam masa pra-Paskah yang ditandai dengan berpantang dari makanan dan kenikmatan, dan sikap penyesalan lainnya.

Kebangkitan Tuhan kita, Yesus Kristus, membawa kemenangan dalam kehidupan kita sebagai umat yang percaya pada-Nya. Amin