Adalah Lebih Berguna Bagi Kita Jika Yesus Kristus Pergi

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Yohanes 16:7-11

Allah Bapa mengutus Yesus Kristus untuk melaksanakan tugas penebusan, menebus manusia dari murka Allah. Yesus menggenapi semua tugasNya dengan menjelma menjadi manusia yang dilahirkan oleh perawan Maria, melakukan mujizat dan memberitakan kebenaran dan kasih Allah, menderita sengsara bahkan mati disalibkan, bangkit dari kematian pada hari ketiga dan naik ke surga pada hari keempat puluh setelah kebangkitanNya.

Allah Putra mengutus Roh Kudus untuk melakukan tugas-tugas :

Menginsafkan dunia akan dosa, karena tidak mempercayai Yesus

Pada mulanya manusia hidup dalam anugerah Allah, namun sejak Adam dan Hawa berdosa, maka semua umat manusia hidup dalam kutukan Allah, hukuman mati. Allah menyatakan Kasih dan KeadilanNya kepada manusia dengan mengutus Yesus Kristus untuk menebus dosa manusia. Menebus dosa manusia artinya mati menanggung dosa manusia. Setiap manusia yang mempercayai Yesus adalah Kristus, tidak akan dihukum mati, namun mereka yang tidak mempercayainya tetap ada di bawah hukuman Allah.

Menginsyafkan dunia akan kebenaran, bahwa Yesus pergi kepada Bapa

Kebangkitan Yesus pada hari ke tiga adalah bukti bahwa Allah telah mengeksekusi keputusan penghakimanNya. Pada saat mengeksekusi Yesus, maka Allah telah menegakkan Kasih dan kebenaranNya. KembaliNya Yesus kepada Allah Bapa pada hari keempat puluh setelah kebangkitanNya adalah bukti bahwa manusia yang percaya kepada Yesus akan menjalani hidup dalam anugerah Allah.

Menginsafkan dunia akan penghakiman

Allah Maha Kasih, Allah Maha Adil, Allah Maha Benar, Allah Maha Kuasa, Allah Maha Agung, Allah adalah satu-satunya Hakim Agung. Allah memiliki kekuasaan mutlak, ketika menghakimi dunia, tidak ada kuasa apapun yang dapat mempengaruhi apalagi menghalangiNya, begitupun ketika dia menjatuhkan hukuman.

Saat memperingati hari kenaikan Tuhan Yesus ke surga, marilah kita mengingat bahwa Dia pergi supaya Roh Kudus bisa datang untuk menolong kita menjalankan peran sebagai saksi Kristus.