Penginjilan Adalah Menceritakan Tentang Yesus Kristus

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28:19-20

imageMemberitakan Injil bisa dengan berbagai macam cara, tidak harus dengan menyerang agama lain, masing-masing cara bisa bekerja efektif pada lingkungan ataupun orang yang berbeda.

Amanat Agung Yesus Kristus

Almarhum DR Bill Bright, pendiri Campus Crusade for Christ International mengatakan : “Berhasilnya penginjilan adalah menceritakan tentang Yesus Kristus kepada orang lain di bawah kuasa Roh Kudus dan menyerahkan hasilnya kepada Allah”.

Menginjili adalah menceritakan tentang Yesus Kristus kepada orang lain di bawah kuasa Roh Kudus dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan.

Pada saat menceritakan tentang Yesus Kristus kepada orang lain, maka ada 5 oknum yang terlibat saat itu.

  1. Oknum pertama adalah Allah Bapa yang memiliki peta atau blue print, yang memiliki hak mutlak untuk menentukan apakah orang tersebut orang pilihan atau bukan.
  2. Oknum kedua adalah Allah Putera, Yesus Kristus sebagai pemberi Amanat Agung kepada anda dan kepada Roh Kudus.
  3. Oknum ketiga adalah Roh Kudus yang akan menginsafkan orang yang anda injili bila dia memang orang piliha. Roh Kudus akan mengisyafkannya, akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada Yesus; akan kebenaran, karena Yesus pergi kepada Bapa dan kita tidak melihat Yesus lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini (Yesus Kristus) telah dihukum untuk mewakili kita.
  4. Oknum keempat adalah diri anda yang mengamalkan Amanat Agung dan bercerita tentang Yesus Kristus secara singkat, jelas, sistematis dan komprehensif. Berita yang harus anda sampaikan harus berisi pesan, akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada Yesus; akan kebenaran, karena Yesus pergi kepada Bapa dan kita tidak melihat Yesus lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini (Yesus Kristus) telah dihukum untuk mewakili kita.
  5. Oknum kelima adalah orang yang mendengarkan berita Injil yang anda ceritakan.

imageYang harus anda lakukan hanya menceritakan tentang Kristus kepada orang lain di bawah kuasa Roh Kudus dan menyerahkan hasilnya kepada Allah. Ketika orang yang diinjili menolak, anda tidak merasa ditolak, sebab menyadari sepenuhnya telah melakukan bagian anda. Ketika orang yang diinjili menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, anda tidak akan merasa sombong, karena tahu siapa yang memungkinkan hal itu terjadi.

Untuk belajar menginjil menurut saya ada beberapa langkah:

  1. Belajar di "Universitas" Gereja, yang "Rektornya" bernama Yesus Kristus.
  2. Pilih "Fakultas" Kasih, yang memiliki "Mata kuliah" Penginjilan.
  3. Lebih baik belajar sama "Dosen" yang bernama Gembala, dan memiliki "AsDosen" Hamba Tuhan atau Pendeta.
  4. Pakai "Text Book" Alkitab, yang di karang oleh Roh Kudus, cetakan berapa aja boleh.
  5. Terakhir, belajarlah dengan praktek bukan dengan teori.

Selamat Menginjil