Menutup Pintu Sorga

3 Ciri Manusia Durhaka

“Pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali” (2 Tesalonika 2:8).

Identitas oknum Manusia Durhaka atau sering disebut  Antikristus masih misteri. Dan memang ia disimpan dan sedang dipersiapkan untuk muncul pada saatnya. Berikut ini adalah ciri-ciri menonjol yang ada pada Antikristus:

Pertama, Antikristus adalah seorang separatis. Sebab Alkitab menyatakan bahwa dia memberontak dari gereja yang benar dan mendirikan komunitas gereja tersendiri. Yohanes menuliskan, “Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk imagepada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita” (1 Yoh. 2:19). Jadi bisa dikatakan bahwa Antikristus ini telah dipersiapkan untuk memahami Alkitab dengan baik. Bahkan saya yakin Anda akan terkecoh dengan pengetahuan Alkitabnya yang luar biasa, tetapi penafsirannya aneh dan tidak sesuai dengan tradisi gereja yang benar.

Kedua, Antikristus adalah seorang pendusta. Seperti iblis, pendusta dan bapa segala dusta, demikian juga Antikristus. Ia jago dalam mengolah kata-kata kosong sehingga meyakinkan lawan bicaranya untuk percaya penuh terhadap ucapannya. Antikristus adalah versi Perjanjian Baru dari nabi palsu Perjanjian Lama, seperti Nabi Mikha katakan, “Seandainya seseorang datang mereka-reka yang hampa dan dusta: "Aku bernubuat kepadamu tentang anggur dan arak," maka dialah yang patut menjadi orang yang bernubuat terhadap bangsa ini” (Mik. 2:11)! Antikristus seperti nabi palsu dalam zaman nabi Mikha yang menjanjikan anggur dan arak (berbicara tentang berkat), tetapi tidak ada. Dan jemaat yang memang suka dengan berkat-berkat melulu akan terkecoh dengan janji-janji Antikristus. Dan memang kenyataannya Antikristus akan muncul sebagai tokoh ekonomi yang menyelamatkan dunia ini dari krisis sebelum membawanya ke jurang kehancuran.

Ketiga, Antikristus adalah seorang bidat. Bidat adalah sekte yang memiliki teologia yang kuat meskipun dalam kenyataannya teologianya itu menyesatkan. Seperti yang tadi telah disebutkan Antikristus paham mengenai seluk beluk Alkitab, bahkan masalah Kristologi ia tahu benar, tetapi sebenarnya ia sedang melakukan penipuan.

Renungan:

Antikristus atau si pendurhaka itu harus muncul menjelang kedatangan Yesus. Tinggallah selalu dalam persekutuan yang intim dengan Tuhan supaya apabila Antikristus itu muncul Anda sudah tahu dan tidak mengikuti sepak terjangnya.

image

Antikristus adalah “juru selamat” yang menyesatkan.

Sumber : Warta Jemaat