4 Alasan Pokok Kenapa Kita Berdoa

imagePaling tidak ada 4 alasan pokok yang harafiah mengapa YESUS memerintahkan kita berjaga-jaga dan berdoa.

  1. Supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan (Matius 26:41; Markus 14:38). Yesus menyatakan ini kepada murid-Nya waktu di taman Getsemani, waktu pencobaan sudah di depan mata. Dan Yesus tahu hanya SATU solusinya untuk tidak jatuh ke dalam pencobaan yang sudah di depan mata murid-murid itu, yaitu BERJAGA-JAGA dan BERDOA.
  2. Sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang (Matius 24:42; 25:13). Kehadiran Tuhan dapat digolongkan menjadi tiga: kedatangan yang kedua, kedatangan membawa seseorang pulang ke Surga, dan kedatangan mengunjungi seseorang dalam pengalaman rohani. Hanya orang-orang yang suka berdoa yang dapat peka menangkap kehadiran Tuhan dalam hidupnya. Dalam banyak peristiwa rohani di Alkitab, Tuhan seringkali datang mengunjungi seseorang dan menyatakan maksud-Nya kepada orang itu.
  3. Supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi
  4. Karena lawanmu si iblis berjalan berkeliling mencari orang yang dapat ditelannya (1 Petrus 5:8)

Hati-hati, umumnya iblis seringkali lebih rajin mencari jalan untuk menjatuhkan orang percaya, ketimbang kita sendiri mencari jalan-jalan bijak demi kekokohan kita di dalam Dia. Hanya doa jalan keluarnya untuk terus berkemenangan.