Penghalang Dalam Kehidupan

"Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi BATU SANDUNGAN bagi orang-orang Farisi ?. Jawab Yesus: Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya. Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang." (Mat 15:12-14 )

imagePerhatikan orang se-keliling kita yang fanatik akan agamanya, ia hanya memperhatikan kepercayaannya dan menghalangi apa saja yang mengancam kepercayaannya itu. Persepsinya makin sempit, selektif, dan nyaris buta. Oleh sebab itu gambaran yang diperoleh mengenai segala hal semu belaka. Semakin lama hidup mereka dengan gambar yang rancu, mereka semakin yakin bahwa itulah satu-satunya gambar yang benar tentang dunia ini.

Kondisi inilah yang membuat orang menolak MESIAS, menyangkal kebenaran, keindahan, dan kebaikan, karena orang telah menjadi buta untuk melihat itu semua.

Saya percaya dimuka BUMI ini MASIH BANYAK sahabat-sahabat kita yang masih tertutup hatinya. Bahkan TUHAN sudah meminjam berbagai peristiwa untuk membuka hatinya, masih tetap kekeh MENGERASKAN DAN MENUTUP hatinya. Dan selalu mencoba membenarkan pandangannya dengan mengutip ayat-ayat suci, bahwa tak ada salahnya UNTUK MEMBENCI. Sampai melupakan ajaran bahwa kita harus SALING MENGASIHI, sekalipun ia MUSUHMU !

Sahabat, TUHAN bisa meminjam siapa saja untuk memberi PENGAJARAN dan KESADARAN kepada kita. Yang utama buanglah KEANGKUHAN yang kita miliki tanpa kita sadari. Tunduklah kepada PANGGILAN HATI, demi sebuah kesadaran diri untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Bukannya semakin tersesat lebih dalam lagi. Segeralah introspeksi diri hai SAHABAT !

Tetap Bedoa dan Berjaga-jagalah.