Kristen Liberal atau Unitarian

FIRMAN ALLAH telah datang ke dunia, lahir sebagai seorang anak manusia. DIA yang berasal dari atas, dari surga, datang di tengah-tengah kita sebagai bagian dari ras manusia dari BANGSA YAHUDI. (Ya, keselamatan memang datang dari BANGSA YAHUDI). Sesudah menang atas maut YESUS KRISTUS ditinggikan dan dimuliakan di atas segala sesuatu. YESUS KRISTUS telah dijadikan POKOK KESELAMATAN oleh BAPA-NYA bagi semua manusia, yg mau berserah dan percaya kepada-NYA.

imageTetapi diabad2 terkemudian setelah jaman para rasul dan para saksi mata berlalu muncullah ‘injil2′ gnostik, yg menyimpang dari Injil2 yg sejati. Antara lain ada ‘injil’ yg menceritakan bahwa seseorang telah ‘diserupakan’ YESUS KRISTUS dan menggantikannya di kayu salib, dsb..dsb. Namun usaha2 seperti ini merupakan usaha2 yg gagal yg mencoba menyimpangkan peristiwa terpenting dan sangat menentukan bagi umat manusia ini.

Dari Jerman pada abad 17 dan lahirlah seorang bernama Friedrich Schleiermacher (1768-1834). Beliau ini mengajarkan bahwa :
 
(1). Alkitab diubah oleh Paulus. Ini asli theologi liberal sejak abad 17 M,
(2). Tolak dosa asal, inkarnasi, keilahian, penebusan, dan kebangkitan Kristus,
(3). Ketuhanan Yesus adalah hasil rekayasa Paulus,
(4). Tanda salib baru dipakai sebagai hasil konsili Nicea,
(5). Dan lain-lain yang berbeda dengan ALKITAB.

Ajaran ini terkenal dengan sebutan KRISTEN LIBERAL/UNITARIAN dan ajaran inilah yang sering dipergunakan oleh "pihak lain" untuk mendukung penghujatan mereka kepada Yesus Kristus, seakan-akan itu ajaran ALKITAB SEJATI.

1 Korintus 8:6 : "namun bagi kita hanya ada SATU ALLAH saja, YAITU BAPA, yang DARI PADA-NYA berasal segala sesuatu dan yang UNTUK DIA kita hidup, dan SATU TUHAN saja, yaitu YESUS KRISTUS, yang OLEH-NYA segala sesuatu telah DIJADIKAN dan yang KARENA DIA kita HIDUP."

Demikianlah YESUS disebut TUHAN satu2nya atas seluruh ciptaan termasuk manusia. Dikatakan pada ayat tersebut di atas, bahwa Oleh YESUS maka kita tercipta & Karena YESUS maka kita hidup. Artinya Tanpa YESUS maka tidak ada yang tercipta & Tanpa YESUS maka tidak ada yang dapat bertahan hidup. Ayat ini justru sangat kuat menegaskan bahwa : HANYA DI DALAM YESUSLAH MAKA MANUSIA BISA HIDUP KEKAL !