Menghadapi Iblis

Siapakah yang kita kenal dengan nama IBLIS itu? Pada mulanya dia hanya Ular yang cerdik. Kemudian dia menjadi naga besar yang mendakwa manusia siang dan malam di hadapan Allah. Lalu dia dilemparkan ke dunia yaitu BUMI dan LAUT. Untuk apa dia dilemparkan ke dunia? Inilah yang diajarkan oleh Alkitab:

imageKenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan TIPU MUSLIHAT Iblis; Efesus 6:11

Kedatangan SI PENDURHAKA itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, 2 tesalonika 2:9

Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak IBLIS: setiap orang yang tidak berbuat KEBENARAN, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya. 1 Yohanes 3:10

Setelah IBLIS dilemparkan ke dunia, apa yang akan dihadapi oleh anak-anak manusia yang adalah anak-anak Allah ? TIPU MUSLIHAT! Untuk apa segala tipu muslihat itu? Agar manusia tidak melakukan KEBENARAN. Apakah KEBENARAN itu? CINTA KASIH! karena ALLAH ADALAH KASIH. KASIHI-lah ALLAH dan SESAMA.

"Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan IMAN yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama." (1 Petrus 5:8-9)

Alkitab mengajarkan bahwa Iblis memang sangat berbahaya, oleh karena itu kita HANYA perlu SADAR dan BERJAGA-JAGA (1 Pet 5 : 8-9), Kita HARUS melawan Iblis dengan IMAN yang teguh. Iman tanpa perbuatan adalah tong kosong nyaring bunyinya. Jadi kita harus bertindak. Pertahanan terbaik adalah menyerang. Itu sebabnya bila mau MENANG melawan Iblis kita harus menyerang habis-habisan, namun jangan lupa, kenakan seluruh perlengkapan Allah YAITU :

"Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, " ( Efesus 6:14-17)

Petrus menasehati kita untuk menghadapi Iblis dengan IMAN. Petrus menasehati kita untuk TENANG-TENANG saja. Hadapilah Iblis dengan IMAN, hadapilah SINGA dengan IMAN. Mendengar auman singa memang mengerikan, namun bila kita tahu bahwa dia hanya bisa mengaum-aum kita tidak perlu takut. SINGA mencari yang dapat ditelannya saja