Menutup Pintu Sorga

Bahaya Besar Bila Menentang Roh Kudus

Waktu Rah Kudus meyakinkanaku akan dosa, apa yang harus kulakukan agar bisa diampuni? “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (1 Yohanes 1:9). Jawab: Bila aku sudah diyakinkan oleh Roh Kudus bahwa aku sudah melakukan dosa, aku harus mengakui dosa-dosa itu agar bisa diampuni. Waktu aku mengakui dosa-dosa itu, Tuhan bukan hanya mengampuniku tapi Dia juga secara ajaib membersihkan hatiku dari semua kenajisan.

Tuhan menunggu dan siap untuk mengampuniku untuk dosa apa pun yang mungkin sudah kulakukan (Mazmur 86:5) tapi hanya jika aku mengakui dosa-dosa itu dan meninggalkannya.

imageApa yang terjadi jika aku tidak mengakui dosa-dosaku bila diyakinkan oleh Roh Kudus? “Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.” (Amsal 28:13). Jawab: Kalau aku tidak mengakui dosaku, Tuhan tak bisa mengampuni dosa-dosaku. Jadi, dosa apa pun yang tidak kuakui adalah dosa yang tak dapat diampuni sampai aku mengakuinya, sebab pengampunan selalu terjadi sesudah pengakuan. Bukan sebelum pengakuan.

Bahaya Besar kalau Menentang Panggilan Roh Kudus Menentang panggilan Roh Kudus sangat berbahaya sebab bisa dengan gampang menyeret pada penolakan terhadap Roh Kudus, yaitu dosa yang tak dapat diampuni. Itu artinya melewati titik tak bisa kembali. Karena Roh Kudus adalah satu-satunya agen yang diberikan untuk membawa aku kepada keyakinan bahwa aku berdosa, jika aku secara permanen menolak Dia, kasusku lantas jadi tak ada harapan lagi. Topik ini begitu penting sehingga Tuhan mengilustrasikan dan menjelaskannya dalam banyak cara di Alkitab. Perhatikan beberapa penjelasan yang berbeda yang akan kita lihat di Pelajaran ini.