Manusia Mencari Iblis (Bagian 1)

Iblis koq dicari, demikian mungkin yang ada dalam benak segenap pembaca, Apa nggak lebih baik mencari Tuhan saja ??? Mencari Iblis atau tetapnya mengenal siapa itu Iblis..kita sebagai Manusia akan mengetahui dimana letak dan posisi kita ini dalam penciptaan yang telah dikerjakan oleh ALLAH.

imageBagi yang mengenal Agama dan memeluknya tentu ingin mendalaminya agar lebih tahu dan memahaminya. Agama memang  untuk dipelajari demi mengisi otak agar berfikir dan membuat orang pintar dan berusaha mencari Tuhan. Mencari Tuhan tentu tak lepas dari IMAN yang mengisi hati untuk bertindak memberi teladan hidup yang benar. Dalam usaha pencarian itu Iblis tidak tinggal diam untuk menjauhkan kita dari kehadiran Tuhan, lalu siapakah Iblis itu hingga berani menentang Tuhan ?.

Iblis memang musuh bersama yang harus kita waspadai.Menelusuri jejak-jejak Iblis tidak lepas dari Kitab Kejadian, Namun mempelajari Kitab Kejadian tidaklah mudah, para teolog pun banyak yang berbeda pendapat, apalagi orang awam, termasuk saya.

Namun Alkitab adalah Kitab Suci yang terbuka, konsisten dan bisa dipahami oleh manusia mana saja dengan bahasa apa saja, sebab mempelajari Alkitab di era internet ini makin mudah saja, semua fasilitas sudah disediakan untuk mencari arti/makna dari bahasa yang dimaksudkan.

Berbagai versi pendapat tentang keberadaan asal muasal si Iblis ini :

  1. Ada yang mengkaitkan bahwa Iblis ada di taman Eden dengan mengutip Kitab Kej. 3:1 : Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman  ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”
  2. Ada juga pendapat yang bisa saya tuliskan : Nama pribadi ADAM LELAKI adalah ULAR. Hawa menamainya ULAR itu sebabnya dengan nama itulah selanjutnya dia dikenal. Kenapa kita harus MEYAKINI kebenaran demikian ? Karena itulah yang diajarkan oleh Alkitab. Itu sebabnya Wahyu 12:9 mencatat bahwa Satanas alias Diabolos itu disebut si Ular tua alias Naga besar. Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati. Firman yang tidak konsisten bukan firman Allah sejati. Di dalam Kejadian 2:19 TUHAN Allah memberi kuasa kepana manusia untuk memberi nama dan Dia menaati ketetapan-Nya di dalam Wahyu 12:9
  3. Ada lagi penafsiran mengatakan bahwa Iblis adalah ciptaan Allah, ia diciptakan sebelum manusia ada. Pemahaman tersebut berdasarkan ayat yang begitu kuat dipegangnya sebagai dasar bahwa Iblis = Malaikat yaitu : I Yohanes  3:8a barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Iblis sangat kuat dan hebat, bahkan setelah dia berdosa sehingga Mikhael segan kepada nya (Yudas 1:9). Demikian juga dengan malaikat-malaikat yang jatuh adalah makhluk yang lebih hebat dari manusia. Itu sebabnya iblis dan malaikat tidak dikasihani waktu mereka berdosa

Dari tiga pendapat ini, sementara yang sudah kita tahu dan tercatat dalam Alkitab adalah :

  1. iblis ada di taman eden (Kej 3:1)
  2. iblis berbuat dosa dari mulanya (I Yoh 3:8)
  3. iblis pembunuh manusia sejak semula (Yoh 8:44)

Dari apa yg sudah kita tahu di atas timbul pertanyaan : Apa dosa awal iblis? Apakah dosa awal iblis adalah memberontak kepada Allah (terjadi di sorga) atau dosa awal iblis adalah pembunuh manusia (terjadi di taman eden) ?

Bersambung ke Bagian 2. Alkitab Tidak Didiktekan oleh Allah

image

Ini adalah Tulisan serial Mencari Iblis : Bagian 1. Manusia Mencari Iblis (Bagian 1) ; Bagian 2. Alkitab Tidak Didiktekan Langsung oleh Allah (Bagian 2) ; Bagian 3. Tuhan Allah Hanya Memberikan Nafas Hidup Kepada Manusia (Bagian 3) ; Bagian 4. Alkitab itu Betapa Kacau Balaunya ( Bagian 4 ) ; Bagian 5. Alkitab Tidak Konsisten - Bintang Timur adalah Lucifer alias Iblis ( Bagian 5 ) ; Bagian 6. Menyelidiki Seluk Beluk Iblis ( Bagian 6 ) ; Bagian 7. Perbuatan Jahat Memang Selalu Mengasyikkan ( Bagian 7 ) ; Bagian 8. Benarkah Lucifer itu Nama Iblis ?? (Bagian 8) ; Bagian 9. Benarkah Allah Menciptakan Iblis (Bagian 9) ; Bagian 10.  Manusia Akan Menghakimi Malaikat ( Bagian 10 ) ; Bagian 11.  Siapa Malikat-Malaikat Yang Berhasil Dihasut Oleh Iblis ( Bagian 11 ) ; Bagian 12.  Kisah Tentang Malaikat Turun Ke Dunia ( Bagian 12 ) ; Bagian 13.  Apakah Iblis itu Musuhnya Allah atau Sebaliknya ?? (Bagian 13) ; Bagian 14.  Memahami Keberadaan Oknum Iblis Di Taman Eden (Bagian 14) ; Bagian 15. Nafas Hidup Tuhan Nyawa Adam (Bagian 15) ; Bagian 16.  Penciptaan-Langit dan Cakrawala adalah Saksi Sah Keberadaan Allah (Bagian 16)